background

Detail Artikel

Langkah Berikut Ini Dapat Ciptakan Lebih Banyak Ruang di Rumah Anda

Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, rumah menjadi tempat yang paling aman dibanding lainnya. Selain itu, rumah juga menjadi tempat untuk berkumpul, bersantai, melepas penat, berbagi tawa dan kebahagiaan bersama keluarga tercinta.

Akan tetapi, saat di rumah penuh dengan barang-barang tentu terasa menyesakkan. Anda tidak bisa bergerak bebas dan mengenakkan pandangan mata. Kondisi rumah yang minim ruang kosong secara tidak langsung dapat mengganggu mood.

Jika Anda mulai merasakan hal tersebut, sebaiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Tapi, Bagaimana caranya?

Tenang tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar ruang di rumah menjadi lebih banyak.

 

  1. Mulai memilah dan memilih barang

Pertama, yang dapat Anda lakukan adalah memilah dan memilih barang yang ada di rumah. Anda harus memilah lebih dulu barang yang ada di rumah, pisahkan antara barang yang sering Anda gunakan sehari hari. Setelah dipilah, selanjutnya anda harus memilih barang mana saja yang masih bagus/layak digunakan.

Dalam hal ini, Anda harus menentukan barang apa saja yang perlu anda simpan dan tidak. Barang yang tidak dipakai, dapat Anda buang atau jual kembali jika memang masih layak untuk dipakai tapi tidak dibutuhkan.

 

  1. Tata kembali barang yang akan anda simpan

Barang yang akan disimpan dapat dikelompokkan berdasarkan kegunaan dari item tersebut. Hal ini bertujuan selain barang menjadi terlihat rapi, tata ulang ini dapat memudahkan dalam mencari barang yang diperlukan.

Selain dikelompok berdasarkan kegunaan, untuk barang barang yang bentuknya lebih kecil, lebih baik dimasukkan kedalam wadah berbahan dasar plastik bening. hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mencari barang yang akan digunakan.

Lebih baik lagi jika diberikan label di setiap barang yang telah dikelompokkan. Tentu saja hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan menemukan barang yang Anda cari.

 

  1. Maksimalkan Ruang Utama

Ruang utama dalam hal ini yaitu di antara bahu dan lutut Anda. Tempat tersebut merupakan lokasi tepat untuk meletakkan barang penting yang digunakan sehari-hari.

Hal tersebut merupakan prinsip penataan barang di rumah yang umum. Berlandaskan pada sejajar dengan sudut pandangan mata. Agar Anda mudah menjangkau dan cepat menemukannya.

Sehingga, pikirkanlah barang yang sering digunakan, lalu letakkan pada tempat yang sering Anda lihat.

 

  1. Manfaatkan Ruang Vertikal

Mulai saat ini Anda sebaiknya tidak mengabaikan ruang kosong di atas kepala maupun yang sejajar dengan kaki. Kedua ruang itu patut dimanfaatkan untuk meletakkan barang yang jarang digunakan.

Namun, dalam penerapannya jangan sampai menyulitkan Anda. Cukup maksimalkan ruang yang sekiranya di luar pandangan mata tetapi mudah untuk dijangkau.

Misalnya kotak penuh buku atau barang berat perlu diletakkan di bawah. Sementara barang-barang ringan berada di atas. Baik itu digantung atau cukup di atas lemari.

 

  1. Gunakan furniture sesuai dengan luas ruangan

Setelah menata ulang barang dan membuat ruang lebih banyak di rumah, langkah terakhir yang perlu diperhatikan yakni pemilihan produk barang baru.

Anda harus mengukur ruang kosong sebelum membeli dan sesuaikan dengan peralatan rumah yang baru. Jangan sampai terjadi lagi penyempitan ruang di rumah.

Tags:
Hubungi Kami