background

Detail Artikel

Tips Mendekorasi Jendela Rumah Agar terlihat Aesthetic

Jendela merupakan elemen yang terpenting di rumah yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain sebagai tempat masuknya udara, jendela juga merupakan tempat masuknya cahaya alami ke dalam rumah.

Selain itu, jendela juga dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu visual yang dapat memperindah tampilan rumah. Anda dapat mencoba berkreasi dalam mendekorasi dengan memasukan berbagai elemen yang dapat membuat jendela lebih estetik sehingga terlihat menarik dan menyenangkan. 

nah, Anda dapat mencoba beberapa cara dibawah ini agar jendela di rumah terlihat estetik. 

 

  1. Bersihkan jendela 

Sebelum menambahkan berbagai elemen sebagai dekorasi jendela, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa jendela rumah tetap bersih. 

Jendela yang bersih akan memberikan visual menarik dan membuat ruangan di rumah tidak terkesan kumuh. Anda perlu membersihkan jendela secara rutin, baik di bagian dalam maupun luarnya. 

 

  1. Tambahkan beberapa tanaman

Selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk memperindah jendela rumah yaitu dengan meletakkan elemen tanaman baik di bagian dalam dan luarnya. 

Tanaman sangat cocok diletakkan di jendela. Selain sebagai dekorasi, tanaman juga dapat tumbuh secara maksimal karena mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup. 

Selain itu, tanaman juga dapat memberikan manfaat positif bagi Anda, salah satunya yaitu menangkal polusi udara, menurunkan risiko alergi dan pilek, menjaga kesehatan mental dan memiliki peran sebagai aroma terapi.

 

  1. Tempatkan meja disamping jendela

Anda juga dapat memasang lemari atau meja yang menarik secara visual di samping jendela dan menghiasnya dengan beberapa elemen, seperti bingkai foto, vas bunga, atau dengan pajangan yang menarik. 

Selain itu, Anda juga dapat memasang lukisan yang ditempelkan di dinding atas meja. Untuk semakin memperindah tampilan lukisan, atau pajangan, Anda dapat membuat lampu sorot yang mengarah ke meja dan lukisan tersebut. 

Pada malam hari, lukisan dan pajangan itu akan terlihat sangat indah. Terlebih jika Anda mematikan lampu utama di ruangan, dan hanya menyalakan lampu sorot.

 

  1. Pasang gorden

Gorden merupakan salah satu jenis tirai yang populer dan telah digunakan banyak orang. Gorden terbuat dari bahan kain. Biasanya, tirai jenis gorden ini dibuka dengan cara digeser ke arah samping. 

Adapun bahan gorden juga bervariasi mulai dari bahan linen yang tebal dan terkesan berat, lalu sutera dengan tekstur lembut, beludru dengan tampilan elegan, hingga kain tenun.  Anda dapat memilih gorden sebagai tirai untuk jendela rumah. Gorden memiliki banyak pilihan warna dan variasi yang dapat Anda serasikan dengan warna ruangan.

 

  1. Tirai kayu (kerai)

Anda juga dapat menggunakan kerai sebagai tirai untuk jendela ruangan di rumah. Kerai merupakan jenis tirai yang terbuat dari bahan selain kain, salah satunya yaitu bermaterial kayu. 

Kerai sangat cocok terutama bagi Anda yang menyukai konsep desain modern. Tirai kayu dapat membuat ruangan di rumah terlihat lebih elegan dan mewah.

Hubungi Kami