background

Detail Artikel

Untung dan Rugi Membeli Rumah Inden

Setelah sebelumnya membahas tentang Rumah Inden, Perlu Anda ketahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugian jika Anda membeli Rumah dengan sistem Rumah Inden.

Simak penjelasan berikut…

Keuntungan Rumah Inden

Beberapa keuntungan berikut ini akan Anda dapatkan jika membeli rumah dengan sistem Indent.

Harga Rumah Lebih Murah

Harga rumah indent ditawarkan relatif lebih murah dibandingkan dengan rumah ready stock karena bangunan belum memiliki wujud fisik bangunannya.

Perbandingan harga yang ditawarkan pun biasanya cukup besar, tergantung lokasi pembangunan, infrastruktur dan tipe rumah yang akan dibangun

Bebas Pilih Posisi Rumah

dengan sistem rumah inden anda dapat menentukan sendiri posisi hunian yang diinginkan, berbeda dengan rumah siap huni yang sudah ditentukan posisi nya.

Selama tempat yang dipilih belum diisi oleh pembeli yang lain, Anda tidak perlu risau jika ingin memilih letak rumah.

Request Desain Rumah

Desain rumah yang akan dibangun dapat anda tentukan sendiri mengikuti desain yang sudah ada atau mengikuti desain rumah yang Anda inginkan. Tapi perlu diingat Anda harus menggunakan biaya sendiri untuk biaya jasa arsitek. 

Anda dapat mengubah atau menambahkan tampilan desain rumah yang diinginkan. Tapi perlu diingat untuk hal ini Anda menggunakan biaya sendiri seperti biaya jasa arsitek.

Banyak Promo Menarik

Pihak developer rumah inden biasanya menawarkan promo berupa diskon, cicilan hunian hingga beragam hadiah menarik, jadi jangan lewatkan promonya untuk mengurangi biaya uang muka. 

Dapat Dicicil

Rumah Inden menawarkan pilihan cicilan dengan masa tenor maksimal 24 bulan jika mengambil hunian dengan KPR Syariah.

Pembangunan Dapat Dipantau

Pembangunan dapat dipantau langsung ke lokasi untuk melihat progres pembangunan, hal tersebut dapat membuat Anda semakin Percaya dan dapat memperkirakan berapa lama hunian akan selesai dibangun.

Investasi yang Menguntungkan

Saat ini harga hunian akan semakin naik dari tahun ke tahun. Dengan membeli rumah inden yang awalnya dibeli dengan harga murah akan memiliki nilai investasi yang terus naik sehingga dapat menjadi aset yang menguntungkan.

Kerugian Rumah Inden

Rumah Inden memang memiliki keuntungan yang lumayan menjanjikan, akan tetapi berikut ini beberapa kerugian yang harus Anda pertimbangkan jika ingin membeli rumah inden.

Belum Siap Huni

Jika membeli rumah inden maka Anda harus bersabar terlebih dahulu untuk bisa menghuni rumah yang telah dibeli. Hal ini karena masa pembangunan rumah inden bervariasi, tergantung pilihan rumah yang akan dibangun, mulai dari 12 bulan untuk rumah 1 tingkat hingga 18 sampai 24 bulan.

Desain Rumah Tak Sesuai Kesepakatan

Terkadang setelah selesai dibangun, desain rumah inden tidak sesuai dengan yang ada di brosur saat penawaran, seperti ukuran bangunan, spesifikasi dan sebagainnya yang membuat Anda harus melakukan renovasi.

Resiko Gagal Bangun Hunian

Kerugian berikutnya yang paling banyak dialami oleh rumah inden adalah rumah gagal bangun karena dihentikan pembangunannya oleh pihak developer. Alasannya bermacam macam mulai dari sengketa tanah, legalitas tak sah, hingga penipuan dari pihak developer.

Agar terhindar dari gagal bangun, telusuri dahulu track record developer.

Tags:
Hubungi Kami